Jumat, 05 April 2019

Jangan Salah Coblos!

Bimtek Tungsura untuk KPPS. (foto dok. PPS KDI)

PEMILU 2019. Menjadi Pemilu yang ‘rumit’. Sepanjang perjalanan sejarah pemilihan umum di negeri ini. Hal dapat dimaklumi. Sebab kali ini pemilihan anggota DPR/DPRD dan DPD. Sekaligus dibarengkan dengan Pemilihan Presiden RI.


Para pemilih harus mencoblos 5 jenis kertas suara. Tentu diperlukan kecermatan sekaligus ketelitian. Baik oleh para pemilih maupun petugas yang berkepentingan. Para anggota KPPS sejak awal harus mampu mengantisi segala kemungkinan. Terutama pada kertas suara.

Kertas suara harus benar-benar sempurna. Layak dipergunakan sebelum ditandatangani oleh Ketua KPPS. Demikian juga saat mulai proses penghitungan. Sebab salah baca bisa berakibat fatal.

Oleh karena itu, petugas KPPS harus mampu memahami. Bagaimana sebuah coblosan dianggap SAH atau TIDAK SAH. Pun demikian juga dengan Pengawas TPS (PTPS). Sebab di lapangan antara petugas KPPS dan PTPS diharapkan bersinergi. Dalam mengawal keberlangsungan hasil pemilihan yang jujur dan adil.

Nah, video tutorial singkat ini diharapkan bisa membantu para pemilih. Juga para pihak yang terkait di TPS. Dimana proses pencoblosan dan pengitungan suara (tungsura) dilaksanakan. Selamat menyaksikan!


This Is The Newest Post