Selasa, 16 Oktober 2018

Mari Kita Kawal #GMHP Di Desa Kedungmaling

Rabu, 10 Oktober 2018 pk. 10.00 Wib secara serentak akan dilakukan #GMHP.

Sesuai instruksi Komisi Pemilihan Umum (KPU), maka besok Kamis pagi, jam 10.00 Wib, secara serentak akan dilaksanakan #GMHP. Gerakan Melindungi Hak Pilih. Bertempat di Sekretariat PPS Desa Kedungmaling, kami sudah siap untuk melayani warga. Utamanya bagi warga namanya yang belum tercantum dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) Pemilu (Pemilihan Umum) Pemilu 2019.



Ketua PPS Kedungmaling, H. Edy Prabowo sedang menyampaikan arahan kepada timnya.

Banyak masukan yang diterima PPS Kedungmaling. Ihwal DPT Pemilu 2019 warga Desa Kedungmaling. Diantara masukan tersebut adalah:

  1. Nama tidak masuk di DPT Pemilu 2019, padahal di DPT Pilgub Jatim 2018 sudah tercatat.
  2. Nama tidak masuk di DPT Pemilu 2019, padahal pada Pilgub 2018 ikut memilih menggunakan e-KTP (nama tidak tercatat di DPT Pilgub Jatim 2018).
  3. Nama tidak masuk di DPT Pemilu 2019, padahal di DPS Pemilu 2019 sudah tercatat.
  4. Nama tidak masuk di DPT Pemilu 2019, padahal sudah dilakukan proses input data perbaikan di DPS Pemilu 2019.
  5. Masih ditemukannya pemilih ganda atau TMS pada DPT Pemilu 2019.

Hal tersebut di atas, tak lepas dari keberadaan Sidalih (Sistem Informasi Data Pemilih). Sidalih adalah sistem aplikasi daring yang dibuat untuk membantu petugas KPU Kabupaten/Kota. Sidalih ini membantu untuk mengolah data pemilih agar lebih cepat, mudah, dan tepat. Meski kenyataan yang terjadi di lapangan, masih saja menemui sejumlah kendala. 

PPS sebagai organ terbawah dari KPU tentu memiliki tugas yang sangat vital. Utamanya yang behubungan dengan validasi data. Sebab yang 'paling tahu' data tersebut valid atau tidak adalah PPS. Dimana PPS selalu berkoordinasi dengan perangkat desa bidang adminitrasi umum dan kependudukan. Penduduk pindah, mati, pemilih baru/pemula, atau tidak dikenal dapat diketahui dari Apinduk Capil yang dimiliki oleh desa.

Pada prinsipnya, tak boleh ada satupun warga negara yang 'terenggut' hak pilihnya. Hal inilah yang selalu diwanti-wanti oleh Ketua PPS kedungmaling, H. Edy Prabowo kepada anggota dan sekretariat. Oleh karena itu, tanggal 1 sd 28 Oktober 2018 menjadi momen penting. Menyosialisasikan dan mendorong seluruh pihak, agar seluruh warga Desa Kedungmaling mendapatkan hak suaranya dalam Pemilu 2019.

Pos #GMHP yang sekaligus menjadi sekretariat PPS Desa Kedungmaling siap melayani warga. Di hari dan jam kerja, akan disiapkan petugas yang akan membantu warga untuk mengetahui hak pilihnya. Selain itu, sebagaimana saat Pilgub Jatim 2018 yang lalu, semua anggota dan sekretariat PPS Kedungmaling selalu siap untuk menampung keluhan maupun masukan dari warga. Hal tersebut semata-mata agar Pemilu 2019 dapat berlangsung dengan lancar dan sukses. Lancar pelaksanaan serta sukses  mengajak warga untuk menggunakan hak pilihnya.

Aplikasi android yang bisa diunduh di playstore.

Untuk lebih memudahkan, para warga juga bisa memanfaatkan situs yang disediakan oleh KPU di sini. Bisa juga bagi pemilik gawai android untuk mendownload aplikasi Pemilu 2019 yang diluncurkan awal September yang lalu. Tapi jika masih ingin lebih mudah, bisa hubungi no/wa: 08813253745 atau facebook.

Nah, cukup mudah bukan? Tak ada lagi alasan lagi bahwa Anda tidak tahu hak pilih Anda. Tak ada lagi alasan tanggal 17 April 2019 untuk tidak ikut mencoblos.
.