Jumat, 08 Juni 2018

Rekap DPHP Pemilu Tahun 2019


Ketua PPS Desa Kedungmaling menyampaikan sambutan.
Bulan Ramadan. Tak menyurutkan semangat PPS Desa Kedungmaling untuk terus berkarya. Belum juga usai Pilgub 2018. Pekerjaan baru sudah menyusul. Menyiapkan Pemilu Tahun 2019.

Tentu bukan pekerjaan yang mudah. Tapi dengan niat kuat. Mendermakan bakti untuk negeri. Kru PPS dan sekretariat bekerja saling bahu membahu. Pun demikian dengan dukungan seluruh lapisan masyarakat. Desa Kedungmaling berharap untuk selalu berbenah. Utamanya untuk menyongsing Pilgub 2018. Serta Pemilu 2019.



Bukan ujian, tapi tetap serius menyimak.

Sebagaimana malam ini. Bertempat di Pendopo Balai Desa Kedungmaling, Jumat (08/06). Dilaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pencermatan. Atau biasa disingkat DPHP. Dihadiri oleh anggota PPS dan sekretariat. Disaksikan juga oleh perwakilan parpol peserta Pemilu 2019. Tak ketinggalan, Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Desa Kedungmaling.

Acara yang dimulai jam 20.05 Wib ini berlangsung dengan lancar. Diawali dengan sambutan dari Ketua PPS Desa Sooko, H. Edy Prabowo. Beliau menyampaikan beberapa hal penting diantaranya:

  1. Pemilu 2019 nanti Desa Kedungmaling akan dibagi ke dalam 22 TPS.
  2. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan KPU. Dimana satu (1) TPS maksimal terdiri dari 300 pemilik suara.
  3. Wilayah-wilayah tertentu, jumlah pemilih nampak minim. Hal tersebut disebabkan letak geografis. Dimana tak memungkinkan dengan jumlah suara maksimal. Misalkan di Dusun Banjarsono, Santren, maupun Gang Puskesmas Sooko.
  4. Diusahakan semua pemilih berada di TPS yang paling terdekat.
Menyimak dan mencermati bersama.

Setelah sambutan, disambung dengan pembacaan Lampiran Berita Acara Nomor: 27-BA/PPS-KDI/VI/2018 tentang Rekapitulasi DPHP Pemilu tahun 2019 Desa Kedungmaling. Satu persatu dibacakan jumlah pemilih per-TPS. Pemilih terdiri dari 2 macam. Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2018. Ditambah Pemilih pemula.

Tuntas pembacaan, dilanjutkan tanggapan dari PPL dan perwakilan parpol. Rikky Januarsamputra, selaku PPL Desa Kedungmaling menyampaikan beberapa hal penting. Diantaranya adalah:
  1. Semua pihak hendaknya bisa bekerja dengan baik dan bisa saling bekerja sama.
  2. Kesalahan sekecil apapun, agar dapat dikomunikasikan dengan baik. Sehingga tidak sampai terjadi hal-hal yang tak diinginkan.
  3. Hal tersebut agar pelaksanaan Pemilu 2019 dapat berjalan lancar dan baik.
Perwakilan parpol sedang memberikan tanggapan.

Sementara dari perwakilan parpol menyampaikan beberapa hal, diantaranya:
  1. Hendaknya pemilih dapat dipetakan untuk memilih di TPS terdekat.
  2. Jangan sampai pemilik Surat Keterangan (rekam data elektronik) tidak dapat menggunakan hak pilihnya.
Selanjutnya Ketua PPS menyampaikan bahwa tanggapan dari PPL pasti akan direspons dengan baik. Demikian juga usulan dari wakil parpol. 22 TPS tersebut telah dipetakan dengan teliti. Sehingga para pemilih tak perlu sampai 'lompat TPS'. Pun masalah pemilik Suket. Telah ditentukan di jam tertentu. Dimana pemilik Suket yang tak terdaftar di DPT tetap bisa gunakan haknya.

Penyerahan BA DPHP Pemilu 2018 kpd PPL.

Setelah sekitar 45 menit berlangsung, acara pun ditutup dengan penandatangan BA oleh PPS. Kemudian PPL, wakil parpol, dan KPU lewat PPK masing-masing diberikan BA. Penyerahan BA DPHP diserahkan oleh Edy Prabowo.

Tepat jam 21.00 Wib. Acara usai. 
.