Senin, 05 Maret 2018

SIDANG PLENO TERBUKA REKAPITULASI DPHP DESA KEDUNGMALING

Tags

Suasa Sidang Pleno Terbuka.


Sebagaimana petunjuk teknis dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sooko, hari Jumat sore (2/3), maka PPS Desa Kedungmaling memutuskan menggelar Sidang Pleno Terbuka Rekap DPHP pada hari Senin (5/3). Meski PPK Sooko memberi kelonggoran hingga tanggl 7 Maret 2018. Dengan persiapan yang amat singkat, PPS Kedungmaling melakukan persiapan di sana-sini agar penyelenggaraan dapat berlangsung dengan baik. Maka undangan sekaligus pemberitahunpun dikirimkan kepada para PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih), Pengawas Pemilu Lapangan, Tim Sukses Pasangan Pilgub Jatim 2018, PPK, serta Kepala Desa Kedungmaling.


Kukuh Suwoko, SH., Kades Kedungmaling menyampaikan sambutan.

Alhamdulillah, pada hari yang ditentukan semua undangan dapat hadir. Meski acara sedikit telah dari yang  direncanakan pada jam delapan pagi, akhirnya dapat dimulai jam 08.30. Diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Kedungmaling, Kukuh Suwoko, yang memberikan  apresiasi yang tinggi kepada seluruh personil PPS Kedungmaling, khususnya kepada Edy Prabowo. Seba disela kesibukannya sebagai pengawas di salah satu bank BUMN, masih bersedia mengabdikan diri untuk perhelatan Pilkada Serentak 2018 kali ini. Tentu saja hal tersebut memang tidak berlebihan. Terbukti dari sepak terjangnya dalam memimpin tim kecil di PPS Desa Kedungmaling sejak  Bimtek PPS hingga saat ini.

Ketua PPK Sooko, Soegeng Mawardi, menyampaikan sambutan.


Apresisasi serupa disampaikan juga oleh Soegeng Mawardi, Ketua PPK Sooko. PPS Desa Kedungmaling merupakan PPS pertama diantara 15 PPS di Kec. Sooko yang melaksanakan  Sidang Pleno Terbuka Rekapitulasi DPHP (Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran). Informasi yang diberikan tak hanya secara konvensional. Lewat pemanfaatan teknologi informasi, lewat situs www.ppskedungmaling.info serta media sosialnya diharapkan masyarakat dapat mengakses informasi secara lebih baik.

Edy Prabowo, Ketua PPS Desa Kedungmaling saat memimpin Sidang Pleno.


Setelah sambutan dari Kades Kedungmaling dan Ketua PPK Sooko, Ketua PPS Desa Kedungmaling, Edy Prabowo, memimpin langsung jalannya Sidang Pleno Terbuka. Setelah menyampaikan resume Berita Acara, secara bergantian 13 orang PPDP membacakan A.B.1-KWK secara bergiliran sesuai urutan TPS masing-masing.. Untuk diketahui, A.B.1-KWK adalah Formulir Rekapitulasi Daftar Pemilihan Hasil Pemutakhiran Desa/Kelurahan. Dimana formulir tersebut berisi antara lain:
  • Nomor TPS,
  • Jumlah Pemilih Baru,
  • Jumlah Pemilih Tidak Memenuhi Syarat,
  • Jumlah Perbaikan Data Pemilih.


Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian Rekap Hasil Pemutakhiran dan  A.C.1-KWK.  A.C.1-KWK adalah Formulir Rekapitulasi Daftar Pemilih Potensial Non KTP Elektronik. Dimana Desa Kedungmaling memiliki 130 pemilih potensial yang belum memiliki KTP Elektronik. Ini bisa terjadi, sebab pada saat Coklit (Pencocokan dan Penelitian) mereka masih belum belum pas berusia 17 tahun. Namun pada saat hari pencoblosan (27 Juni 2018) mereka telah berusia 17 tahun.

Rikky JP., PPL Desa Kedungmaling sedang menyampaikan tanggapan.

Setelah penyampaian laporan dari 13 orang PPDP, Ketua PPS menyilakan kepada PPL dan Perwakilan Timses untuk menyampaikan pandangannya. Perwakilan Timses menyatakan sudah dapat menerima. Sementara PPL Desa Kedungmaling, Rikky Januarsam, menyampaikan apresisasi yang tinggi sekaligus permohonan maaf bila selama berlangsung pengawasan ada hal-hal yang kurang berkenan. Namun secara umum pelaksanaan Coklit bisa berjalan dengan baik meski masih ada beberapa kendala di lapangan.

Akhirnya setalah penandatangan secara simbolis Berita Acara, Sidang Pleno Terbuka Rekapitulasi DPHP Desa Kedungmaling ditutup jam 09.40. Harapan ke depannya tentu saja agar PPS Desa Kedungmaling bisa berkerja dengan lebih baik lagi. Utamanya setelah keluarnya DPS (Daftar Pemilih Sementara) pada tanggal 17 Maret 2018 yang akan datang.