Rabu, 28 Maret 2018

AYO LIHAT NAMAMU DI DPS!

DPS lengkap 13 TPS terpampang di atas papan usang di Pendopo Balai Desa Kedungmaling.

Tahapan demi tahapan telah dilaksanakan. Jalan panjang prosesi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur Tahun 2018 memasuki tahap Sosialisasi DPS. Nah, DPS itu apaan sih?



Daftar Pemilih Sementara atau disingkat DPS. DPS merupakan hasil dari Coklit yang telah dilaksanakan pada 20 Januari hingga 18 Februari 2018 yang lalu. Setelah diplenokan pada awal Maret kemarin, DPHP diteruskan kepada KPU untuk dijadikan acuan penerbitan DPS.

Gerak cepat para relawan agar Pilgub Jatim 2018 dapat sukses terlaksana.

DPS inilah yang pada tanggal 17 Maret 2018 ditetapkan oleh KPU untuk diterbitkan dan diumumkan. Sehingga mulai tanggal 24 Maret sudah bisa dilihat di masing-masing RT, RW, atau kampung. Meski dalam kenyataannya di Desa Kedungmaling, PPS baru bisa memasang sekaligus mengumumkan mulai tanggal 26 Maret. Sebab kopi cetak DPS baru bisa diperoleh dari KPU pada tanggal tersebut.

Warga yg antusias mengamati DPS di wilayah TPS 05.

Pemasangan DPS dilakukan sesuai dengan wilayah TPS masing-masing. Di mana terdapat  13 TPS di Desa Kedungmaling. Lokasi-lokasi strategis yang mudah dijangkau menjadi pilihan untuk menempelkan DPS. Hal ini sebagai upaya agar masyarakat mudah mengakses informasi.

Musala menjadi alternatif pilihan menempel DPS spt terlihat di wil TPS 06.

Sebagaimana telah disampaikan dalam artikel-artikel sebelumnya, diharapkan tak akan ada satupun warga pemilik hak suara yang akan ketinggalan. Ini menjadi PR tersendiri bagi PPS dan sekretariat. Sebab tidak semua warga memiliki kepedulian yang sama. Bagi yang kooperatif, tentu tidak menjadi masalah. Namun bagi mereka yang tidak terlalu peduli tentu perlu sekaligus diberi edukasi.

Musala juga menjadi pilihan menempelkan DPS di wil TPS 07.

Waktu untuk mensosialisasi DPS sangatlah pendek. Oleh karena itu, PPS meminta bantuan eks. PPDP yang telah usai masa kerjanya. Alhamdulillah, mereka masih kompak untuk mendukung kinerja PPS. Diharapkan nanti sampai dengan tanggal 2 April 2018 dapat menjaring pemilih TMS, Ubah data, maupun Baru secara optimal.